Tips Wanita Mengatasi Masalah Menstruasi

Masalah menstruasi menjadi sebuah masalah yang hampir setiap wanita mengalaminya. Salah satunya yaitu mengenai nyeri ketika menstruasi. Mungkin ini berlaku tidak untuk semua wanita, namun faktanya 80% wanita mengalami nyeri ketika menstruasi. Inilah yang menjadi awal mula pembuka dalam pembahasan kali ini.

Wanita yang mengalami menstruasi mulai dari wanita yang berusia 9 tahun (tidak semuanya sama). Masa inilah yang namanya masa pubertas. Masa pubertas adalah masa peralihan dari anak anak menjadi remaja. Pada masa ini penuh dengan perubahan baik primer maupun sekunder yang membutuhkan perhatian dan penanganan yang khusus.

Menstruasi merupakan salah satu ciri primer wanita mengalami pubertas. Artinya, dengan menstruasi seorang wanita dikatakan sudah mencapai babak baru pada kehidupan dan siap menjalani masa depan. Semua wanita pasti mengalami menstruasi, namun penentuan awal menstruasi ini tentunya tidak sama antara satu wanita dan lainnya.

Peristiwa yang Sering Terjadi saat Menstruasi

Nyeri di Sekitar Perut

Masalah yang muncul saat menstruasi yang pertama adalah nyeri di sekitar perut. Menstruasi merupakan proses vertilasi atau pengelupasan sel telur yang tidak terbuahi. Proses luruhnya sel telur tersebutlah sebenarnya yang menyebabkan nyeri di sekitar perut. Ada yang tidak begitu terasa, ada juga beberapa wanita yang mengalami nyeri yang luar biasa.

Nyeri atau kram di sekitar perut saat menstruasi akan semakin terasa ketika seorang wanita melakukan suatu aktifitas yang padat. Sehingga membutuhkan sejenak waktu untuk beristirahat. Hal ini menjadi sebuah hal yang wajar dan tidak perlu ditanggapi secara serius apabila rasa nyeri dalam kategori wajar. Namun anda juga harus sigap memeriksakan ke dokter bila nyeri yang anda rasakan begitu hebat.

Nyeri di Sekitar Miss V

Ada beberapa wanita yang tidak mengalami nyeri di daerah perut, namun nyeri yang terasa justru di daerah kewanitaan atau di sekitar miss v. Hal ini sebenarnya terjadi karena adanya peradangan dari otot di sekitar miss v. Otot-otot tersebut terus berkontraksi beriringan dengan luruhnya darah menstruasi. Kejadian ini hanya terjadi pada beberapa wanita, artinya tidak semua mengalaminya.

Darah Menggumpal

Masalah selanjutnya yang mungkin terjadi pada wanita yang sedang menstruasi ialah kondisi dari darah yang keluar. Menstruasi pada wanita tentunya mengeluarkan darah kotor yang tidak terbuahi. Darah tersebut biasanya berupa darah cair, namun sebgaian orang rupanya mengalami darah yang menggumpal saat menstruasi.

Penyebab dari darah menggumpal saat menstruasi tentunya beragam. Ada yang karena perubahan hormon, ada yang karena faktor makanan instan, konsumsi alkohol, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga tanda adanya penyakit. Darah yang menggumpal identik tidak wajar apabila berkelanjutan selama masa menstruasi dalam satu bulan. Untuk itu, segera periksakan apabila darah yang keluar saat menstruasi selalu berupa gumpalan yang cukup besar.

Darah Berwarna Hitam

Sebagaimana warna darah yaitu merah segar, darah menstruasi rupanya beragam. Ada beberapa jenis darah yang keluar saat menstruasi. Diantara jenis darah tersebut dapat berupa darah merah segar, darah merah tua, berwarna hitam, berwarna merah keputih-putihan, hingga ada yang berwarna hitam pekat.

Menurut informasi dari dunia kesehatan, warna darah terjadi karena pengaruh dari kondisi tubuh. Pada tubuh yang sehat dan pikiran yang fresh, darah yang keluar akan normal berwarna merah tua hingga merah cerah. Namun bagi yang banyak masalah, perubahan hormon, hingga adanya penyakit tertentu darah dapat berwarna hitam.

Waktu Menstruasi yang Tidak Teratur

Masalah selanjutnya yang biasa terjadi pada siklus menstruasi ialah waktu menstruasi yang tidak teratur. Ini biasanya akan wajar terjadi bagi sebagian wanita, karena memang wajar apabila waktu menstruasi maju 2-3 hari atau mundur 2-3 hari dari tanggal biasanya.

Penyebab maju atau mundurnya menstruasi karena beberapa hal, ada yang memang karena hormon ada juga yang karena pikiran hingga faktor lain yang mempengaruhinya. Namun waktu menstruasi yang tidak teratur hingga jarak beberapa bulan merupakan hal yang perlu anda perhatikan. Selain tidak wajar, hal ini juga mempengaruhi kelangsungan hormon dan juga kesehatan anda.

Cara Wanita Mengatasi Masalah Menstruasi

Dari beberapa masalah di atas sudah sebaiknya anda mencari solusi agar semuanya baik-baik saja dan normal. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah menstruasi.

Konsumsi makanan sehat

Cara pertama yaitu dengan memperbaiki makanan yang anda konsumsi. Sudah sepatutnya anda sebagai wanita mengonsumsi makanan yang sehat. Sebagai wanita sebaiknya anda sering-sering mengonsumsi sayur, agar nantinya kebutuhan serat dalam tubuh dapat terpenuhi. Nutrisi yang diperlukan tubuh sebenarnya tidak selalu dari hal yang mahal, melainkan dari makanan-makanan yang sehat dan bervitamin.

Jaga Pola Istirahat

Tubuh juga memerlukan istirahat yang cukup, sedangkan istirahat yang paling baik ialah tidur. Menjaga pola istirahat yang baik akan memberikan dampak yang baik juga. Metabolisme tubuh akan berlangsung dengan baik dan sesuai. Hormon juga akan tetap stabil sebagaimana mestinya.

Sesuaikan aktifitas saat menstruasi

Saat sedang menstruasi sebaiknya anda mengontrol aktifitas. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengurangi kemungkinan negatif yang dapat terjadi, misalnya nyeri saat haid, dehidrasi, hingga kelelahan. Sebisa mungkin tinggalkan atau kurangi aktifitas yang membuat tenaga anda cepat terkuras.

Rajin Mandi

Saat sedang menstruasi kebanyakan wanita memang sangat malas untuk mandi. Padahal dengan mandi akan memperlancar peredaran darah, sehingga darah yang keluar saat menstruasi juga dapat keluar dengan lancar. Malas mandi dapat menyebabkan tubuh anda terasa berat, selain itu perkembangan bakteri di permukaan tubuh juga akan semakin cepat bertambah.

Kompres

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan ialah dengan mengompres daerah perut. Bila mengalami nyeri perut saat sedang menstruasi anda dapat mengompres perut untuk beberapa saat. Tujuan mengompres tentunya untuk mengurangi rasa nyeri yang anda rasakan. Gunakan air hangat untuk mengompres bagian-bagian tersebut.

Itu tadi beberapa uraian mengenai hal-hal yang mungkin terjadi saat menstruasi. Kemungkinan buruk tersebut dapat anda imbangi ataupun anda cegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Usahakan agar anda juga selalu berolahraga minimal seminggu 2x. Lakukan saja olahraga ringan, agar peredaran darah juga dapat lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *